Tiga dari Lima Balon Kades Koto Perambahan Gagal Dites Tertulis, Hari Ini Pencabutan Nomor Urut

Tiga dari Lima Balon Kades Koto Perambahan Gagal Dites Tertulis,  Hari Ini Pencabutan Nomor Urut

KAMPA (SK) - Peminat untuk menjadi Kepala Desa di Kabupaten Kampar di sebagian desa cukup tinggi. Salah satu di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa.

Ada delapan calon yang mengikuti proses demokrasi di tingkat desa itu. Dari delapan calon ini, tiga orang calon harus mengurungkan niatnya ikut Pilkades karena gagal dalam tes tertulis yang digelar kemarini, Kamis (9/11/2017) di Kantor Camat Kampa.

Lima bakal calon yang lulus dalam tes tertulis ini adalah Muhammad Yusuf,ST, Yesi Anita,S.Pd, Sahrul, Hampami dan Azwardi.

Sedangkan tiga balon yang gagal pada tertulis adalah Abdur Rahim,S.Pd, Altrisno dan Dodi Iskandar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kampar  Ranayus yang diwakili Kepala Seksi  Penataan dan Admitrasi Desa Zun Nasri Mansur mengatakan, tes tertulis tersebut menguji pengetahuan calon kepala desa mengenai perencanaan pembangunan desa.

"Tes ini tahap penting, karena melalui ini kita mengukur kemampuan para calon. Yang terpilih nantinya harus betul-betul orang yang memiliki kompetensi makanya itu, seleksinya ketat," ujar Zun Nasri Mansur.

Sebanyak 86 desa di 20 kecamatan se-Kabupaten Kampar akan menggelar pilkades serentak pada Minggu (19/11/2017) nanti.

Dikatakan, dari tiga desa yang ikut pilkades serentak di Kecamatan Kampa. Hanya satu desa, yakni Desa Koto Perambahan yang menggelar tes tertulis karena calon kadesnya lebih dari 5 orang dan harus ikut prosedur tes tertulis.

Sementara itu Ketua Panitia Pilkades Desa Koto Perambahan Jhon Neri mengatakan,  hingga hari ini (kemarin) panitia telah menjalankan beberapa tahapan, mulai dari penjaringan bakal calon, sampai kelengkapan adminitrasi dan tes tertulis bagi balon kepala desa yang melebihi dari 5 orang.

Dari 80 soal ujian, hanya 5 orang yang lulus dan resmi masuk sebagai daftar calon kepala desa. 

Hasil tes tertulis itu akan dilakukan penilaian oleh panitia desa, kecamatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kampar.

"Besok (hari ini) akan diadakan penetapan nomor urut calon sekaligus bagi calon yang  masih menjabat maju di pilkades akan menerima surat penonaktifannya," bebernya.(Akhir Yani)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment