Rumah Warga Terancam Rubuh, Masyarakat Alam Panjang Minta Pemda Bangun Turap

Rumah Warga Terancam Rubuh, Masyarakat Alam Panjang Minta Pemda Bangun Turap

BANGKINANG (OR) - Sejumlah rumah warga di Desa Alam Panjang, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar dikhawatirkan terancam rubuh akibat tebing di sepanjang Sungai Kampar setiap tahun mengalami runtuh akibat hantaman arus sungai. 

Beberapa kali masyarakat maupun kepala desa mengajukan permohonan agar pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Kampar untuk segera membangun turap namun sampai saat ini belum direspon.

Beberapa warga yang ditemui, Kamis (1/2/2018) berharap Pemkab Kampar dibawah pemerintahan Azis-Catur bisa merealisasikan pembangunan turap apalagi Azis-Catur memiliki program  3i ( infrakstruktur, industri dan investasi) dan masyarakat Alam Panjang ingin sekali merasakan program Bupati dan Wakil Bupati tersebut.

"Dulu masyarakat Alam Panjang ini bisa bermain bola di tengah sungai bang, sebelum tebing  runtuh karena tak kuat menahan air," ungkap salah seorang warga.

Dikatakan, masyarakat Dusun I Alam Panjang sudab bergotong royong untuk membuat tanggul yang bisa menahan air namun hal itu tak bisa menahan derasnya arus sungai dari hulu.

Kepala Desa Alam Panjang Khairullah ketika dikonfirmasi mengenai keluhan warganya mengakui sudah banyak membuat proposal yang ditujukan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar.

"Udah banyak kali saya mengirim proposal ke BPBD kampar supaya bisa menurunkan bantuan tanggap darurat, dari zaman Pak Jefry Noer bupati saya udah kirim proposalnya bang, tetapi belum ada tanggapan dari BPBD Kampar," ucap Khairullah.

Ia berharap agar Pemkab Kampar bisa segera mungkin menurunkan bantuan tanggap darurat. "Karena hari makin hari tebing terus runtuh karena tidak kuat menahan air. Kita takutkan lagi bang rumah warga yang ada di sekitar tebing bang," imbuhnya.
Dari peninjauan oborriau.com, terlihat salah satu ruas tebing yang runtuh telah mengenai badan jalan desa sekira 3 meter. Beberapa rumah warga juga terlihat sangat dekat ke bibir sungai.(Irfan)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • angeltorrent.com

    http://angeltorrent.com/ https://angeltorrent.com/search/all/danejones+my+girl/ ...

    View Article
  • brdmucky

    Although this could be due to other medical conditions, it is a telltale sign of ...

    View Article
  • bbxApeva

    Male breast cancer in Cowden syndrome patients with germline PTEN mutations. Begin ...

    View Article
  • bynIsons

    Abdominal wall, umbilicus, peritoneum, mesenteries, omentum, and retroperitoneum. If ...

    View Article