Pilbup Tulungagung, 8 Parpol Usulkan Usung Ketua PWI Pusat

Pilbup Tulungagung, 8 Parpol Usulkan Usung Ketua PWI Pusat

TULUNG AGUNG (SK) - 8 Partai politik (parpol) di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur hampir dipastikanberkoalisi untuk mengusung Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Margiono sebagai calon bupati 2018-2023. 

Kedelapan partai tersebut adalah Partai Gerindra, PKB, Partai Hanura, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PKS serta PPP. Bahkan logo masing-masing partai telah terpampang dalam sejumlah baliho bergambar Margiono. 

Sekretaris DPC Gerindra Tulungagung, Agus Budiarto mengatakan, kesepakatan koalisi tersebut merupakan hasil komunikasi politik antara parpol di tingkat kabupaten. Namun keputusan final peta koalisi akan menunggu keputusan pimpinan pusat masing-masing partai. 

"Sesuai dengan perkambangan terakhir, selain dari proses normatif yang ada dipartai, diakui atau tidak bahwa koalisi di Tulungagung itu ada delapan parpol (termasuk Gerindra) yang intens untuk mengusung saudara Margiono sebagai calon bupati 2018," katanya, Kamis (21/9/2017). 

Menurutnya, meskipun kedelapan parpol telah menyatakan akan berkoalisi, namun tidak menutup kemungkinan akan mengalami perubahan, karena belum secara resmi mendapatkan restu dari pimpinan di tingkat pusat. 

"Nanti sepenuhnya kami tetap mengikuti dari pusat, cuma untuk komunikasi daerah, delapan partai itu sepakat untuk mengusung Pak Margiono," imbuhnya. 

Agus menambakan, dukungan kepada Margiono tersebut dilakukan karena dinilai merupakan kandidat dari putra daerah yang paling aktif berkomunikasi dengan partai, selain itu Margiono memiliki kemampuan yang dinilai cukup layak untuk menduduki posisi orang nomor satu di Pemkab Tulungagung.

"Keseriusan dan pendekatan ke partai yang lebih maksimal itu ada pada Pak Margiono, itu yang menjadi salah satu poin. Figurnya juga merakyat, kemudian ketekannya untuk maju juga serius," kata Agus. 

Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD Tulungagung ini menjelaskan, saat ini partainya juga telah melakukan menakisme penjaringan secara formal. Dari penjaringan tersebut partai besutan Prabowo Subianto ini berhasil menjaring enam kandidat. Masing-masing Margiono, Ahmad Baharudin, Alfa Isnaini, Sutrisno, Suparlan dan Budi setyadi. 

"Dari enam itu yang berasal dari kader hanya Pak Baharudin. Berkasnya sudah kami serahkan ke DPD, nantinya akan dilakukan verifikasi dan digelar rakercabsus (rapat kerja cabang khusus) untuk pengenalan masing-masing calon. Kemungkinan dilakukan bulan Oktober," imbuhnya. 

Dari konstelasi politik lokal tersebut, terdapat tiga partai berperlemen yang belum tergabung dalam koalisi, yakni PDI Perjuangan, Partai Nasdem serta PBB.(dtc)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment