Kantor Disdukcapil Bakal Dipindah ke Dishut, Tapi Status Aset Belum Jelas

Kantor Disdukcapil Bakal Dipindah ke Dishut, Tapi Status Aset Belum Jelas

BANGKINANG KOTA (SK) - Rencana pemindahan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kampar, ke eks Kantor Dinas Kehutanan (Dishut) Kampar, hampir pasti.

Bahkan, pemindahan ini sudah dipastikan selesai sebelum berakhirnya tahun anggaran 2017. "Perintah Pak Bupati, mulai beroperasi 1 Desember ini," kata Sekretaris Disdukcapil Kampar, Muslim saat dihubungi, Rabu (22/11).

Hanya saja, saat ini pemindahan belum bisa berjalan dengan mulus. Sebab, status aset kantor eks Dinas Kehutanan ini masih belum jelas. Ada keraguan, bahwa Kantor Dinas Kehutanan ini masuk dalam aset provinsi atau Kabupaten Kampar.

"Proses pelimpahan kewenangan personel, pendanaan, sarana dan prasarana serta dokumen (P3D), belum selesai. Itu kata pihak provinsi," sebut Muslim.

Katanya, dari informasi yang didapatnya, bangunan eks kantor Dinas Kehutanan Kampar itu, dibangun dengan APBD Kampar. Artinya masuk dalam aset kabupaten. Sedangkan tanah, masuk dalam aset provinsi.

"Status ini yang kita perjelas. Kalau masuk aset kabupaten, itu tak perlu lagi kita pinjam ke provinsi. Tapi kalau itu sudah masuk aset provinsi, maka perlu kita pinjam ke provinsi. Pihak provinsi juga siap untuk meminjamkannya," kata dia.

Jika proses pemindahan ini sudah selesai, maka pihaknya kata Muslim, akan membenahi eks Kantor Dinas Kehutanan itu. Sebab, kantor itu sudah tak terawat lagi setelah dilakukan pemindahan kewenangan dari kabupaten ke provinsi.

"Iya. Nanti kita bersihkan. Kita rehab lagi kantor itu. Listrik kita pindahkan, internet juga. Ruang pelayanan kita benahi," sebut dia.

Sebelumnya, Bupati Kampar Azis Zaenal meminta agar kantor Disdukcapil ini dipindahkan. Karena, kantor Disdukcapil saat ini, tidak memadai. Tempat-tempat pelayanan, membuat warga yang mengurus data kependudukan, tidak nyaman.

Maka, demi memaksimalkan pelayanan ini, salah satu opsi pemindahan dilakukan ke eks kantor Dinas Kehutanan Kampar. Kantor ini berada di Jalan Letnan Boyak, Kecamatan Bangkinang Kota.

"Kalau nanti jadi dipindahkan, maka kantor Disdukcapil yang sekarang, diserahkan kembali ke Pemkab Kampar. Terserah nanti mau diapakan," sebutnya.

Berdasarkan pantauan pada Rabu (22/11), eks kantor Dinas Kehutanan Kampar ini seperti tak terawat. Di halaman bangunan itu, sudah ditumbuhi semak belukar. Bangunannya pun, sudah kusam.(sn) 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Benefits of Apple

    It's late finding this act. At least, it's a thing to be familiar with ...

    View Article
  • Cream penghilang flek hitam tebal

    sampai doyong gitu tiang listriknya ...

    View Article
  • vera

    http://goo.gl/9taVqd || http://goo.gl/fQvdLJ http://goo.gl/9muXpD || ...

    View Article
  • Real Testimoni Obat Herbal Walatra Bersih Wanita

    selamat berakhir pekan guys http://goo.gl/HQcWcT ...

    View Article