Ini Kata Wabup Kampar pada Peringatan HKN ke-53

Ini Kata Wabup Kampar pada Peringatan HKN ke-53

BANGKINANG (SK) - Pemerintah Kabupaten Kampar menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 di Bangkinang, Minggu (12/11/2017).

Berbagai kegiatan dilakukan berkaitan HKN ke-53 diantaranya gerak jalan sehat dan senam bersama. Turut hadir pada kegiatan ini Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Sekda Kampar Yusri, forkopimda, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Kampar dan undangan lainnya serta ribuan masyarakat.

Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dalam sambutannya pada acara yang dilaksanakan di Taman Kota, Bangkinang menyampaikan, pentingnya kesehatan bagi  kita dan menurutnya wajib hukumnya menjaga kesehatan agar kita mampu menjalankan seluruh aktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari. 

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar Catur mengucapkan selamat merayakan Hari Kesehatan Nasional. Ia juga menyampaikan penghargaan kepada Dinas Kesehatan yang telah melaksanakan kegiatan jalan santai dan senam bersama bersempena HKN ke-52 tahun 2017.

Selain itu Catur Sugeng Susanto juga menyampaikan bahwa pentingnya kesehatan juga merupakan salah satu cara kita beribadah kepada Allah SWT. "Apabila kita tidak sehat, maka ibadah kita kurang sempurna," ujarnya.

Dikatakan, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula yang bermakna bahwa jika tubuh kita sehat, maka jiwa kita juga sehat dan kuat. "Dengan demikian, seluruh aktivitas yang kita lakukan tanpa kesehatan mustahil bisa dilakukan dengan baik," ungkap Catur. 

Lebih lanjut mantan anggota DPRD Kabupaten Kampar dua periode ini menambahkan, tema HKN tahun ini "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku" sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Ditambahkan Catur, saat ini Pemerintah Kabupaten Kampar sedang giat-giatnya untuk meraih piala Adipura. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, karena kebersihan dan kesehatan faktor penentu keberhasilan Kampar meraih adipura. 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Muhammad Harris menyampaikan, komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah perilaku keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu.
 
Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang.
 
"Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga," ucap Harris.

Peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Kementerian Kesehatan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia. Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan. 

Ia menambahkan, peringatan HKN ke-53 ini dilaksanakan melalui berbagai rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak Oktober dan akan berakhir pada November 2017.

Sekretaris Diskes Kampar Dedy Sambudi menambahkan, pada  HKN ke-53 tahun 2017 ini banyak sekali kegiatan yang dilakukan diantaranya lomba penyuluhan yang diikuti perwakilan kader seluruh wilayah Puskesmas se Kabupaten Kampar dan lomba mading bagi siswa SLTA perwakilan seluruh kecamatan di Kabupaten Kampar.
 
Rangkaian lomba finish dengan senam kesehatan pada Minggu (12/11/ 2017) dan jalan santai yang dibuka Wakil Bupati Kampar serta apel gabungan yang akan dilaksanakan besok pagi, Senin (13/11/2017) di halaman kantor Bupati Kampar.(hms/Akhir Yani)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment