Hari Ini PLTA Koto Panjang Masih Buka 3 Pintu Spillway

Hari Ini PLTA Koto Panjang Masih Buka 3 Pintu Spillway

BANGKINANG (SK) -  Untuk mengimbangi inflow waduk atau air yang masuk ke waduk dengan air yang keluar, manajemen PLTA Koto Panjang pada hari ini, Kamis (4/1/2018) masih tetap membuka spillway (pintu pelimpahan) yakni pintu 1, 3 dan 5.

Demikian dikatakan Manajer PLTA Koto Panjang Muhammad Rusdi kepada suarakampar.com, Kamis (4/1/2018) pukul 07.00 WIB.

Ia menyebutkan, inflow rata-rata diangka 500-600 m3/detik. Sementara itu outflow turbin ditambah outflow spillway rata-rata di 500 m3/detik. Sedangkan kenaikan elevasi rata-rata 1 cm per 2 jam.

“Sesuai hasil pengamatan kita dari pembukaan pintu spillway nomor 1, 3 dan 5 hari Selasa tanggal 2 januari 2018 jam 13.00 WIB, ada kenaikan elevasi waduk setinggi 52 centimeter, dari 80,32 mdpl ke 80,84 mdpl,” terang Rusdi.

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan pemantauan di seputaran Desa Gunung Malintang dan Desa Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar yang masuk dalam aliran Sungai Mahat, Desa Muara Meti, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar yang masuk dalam aliran Sungai Kampar Kanan tidak adanya kenaikan elevasi sungai yang akan berdampak besar terhadap kenaikan elevasi waduk.

“Atas pertimbangan ini kata Rusdi, maka pihaknya tetap mempertahankan bukaan spillway gate atau pintu pelimpahan pintu nomor 1 30 cm, pintu nomor 3 : 30 cm dan pintu nomor 5 : 30 cm.

Dari pantauan suarakampar.com curah hujan di Kabupaten Kampar sepanjang Rabu (3/1/2018) masih tinggi. Masyarakat di sepanjang aliran Sungai Kampar masih mengkhawatirkan jika sewaktu-waktu terjadi banjir.
 
Masyarakat petani keramba juga tampak khawatir akan keselamatan keramba mereka. Sebab, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, selalu saja terjadi tali keramba petani putus akibat tidak tahan terhadap tekanan arus Sungai Kampar yang meluap.(Akhir Yani) 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Benefits of Apple

    It's late finding this act. At least, it's a thing to be familiar with ...

    View Article
  • Cream penghilang flek hitam tebal

    sampai doyong gitu tiang listriknya ...

    View Article
  • vera

    http://goo.gl/9taVqd || http://goo.gl/fQvdLJ http://goo.gl/9muXpD || ...

    View Article
  • Real Testimoni Obat Herbal Walatra Bersih Wanita

    selamat berakhir pekan guys http://goo.gl/HQcWcT ...

    View Article