Ekspos Kasus Pembunuhan di Kubang Jaya Siak Hulu, Kapolres Kampar Ungkap Motif Pelaku

Ekspos Kasus Pembunuhan di Kubang Jaya Siak Hulu, Kapolres Kampar Ungkap Motif Pelaku

BANGKINANG KOTA (SK) - Kasus Pembunuhan di Kubang Jaya Siak Hulu akhirnya terungkap berkat kerjasama yang baik antara Polsek Siak Hulu dan Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kampar dengan menangkap pelaku di Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur pada hari Selasa, tanggal 25 April 2017 lalu. 

Hal ini terungkap dalam ekspos kasus pembunuhan pada hari Selasa (02/05/2017) kemarin, di teras Mapolres Kampar, Jalan Prof HM Yamin SH, Bangkinang Kota yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata didamping Kapolsek Kompol Vera Taurensa dan Kasat Reskrim AKP Y E Bambang Dewanto bersama Panit Reskrim Ipda Sibarani.

Kasus pembunuhan terhadap Johanuddin (26) yang bekerja di Bakso Sukowati, Desa Sungai Pagar, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar terjadi pada hari Rabu tanggal 11 April 2017 lalu di semak-semak dekat lapangan sepakbola Perumahan Ginting I, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

"Kejadian pembunuhan yang sempat menghebohkan warga Siak Hulu ini awalnya masih misteri, karena identitas korban tidak diketahui serta minimnya alat bukti yang didapatkan," ungkap Kapolres Kampar.

Dijelaskan Kapolres, namun berkat kerja keras tim gabungan dari Satreskrim Polres Kampar bersama Polsek Siak Hulu akhirnya satu persatu mulai terkuak misteri pembunuhan ini. 

"Berawal diketahuinya identitas korban hingga kecurigaan terhadap tersangka yang merupakan teman korban yang berdasarkan keterangan saksi diketahui bersama korban pada saat malam kejadian. 
Namun saat dicari keberadaannya, tersangka sudah keburu kabur yang diperkirakan melarikan diri ke wilayah pulau Jawa," ulasnya. 

Lanjut Kapolres, meskipun tanpa kenal lelah tim gabungan Polres Kampar ini terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui keberadaan tersangka. "

Setelah perjuangan panjang akhirnya petugas mengendus keberadaan tersangka di wilayah Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Tanpa buang waktu tim langsung meluncur ke wilayah tersebut untuk menangkap pelaku pembunuhan ini," sebut Edy.

Setelah berkoordinasi dan bekerjasama dengan Satuan Polri setempat akhirnya tersangka berhasil ditangkap, selanjutnya dibawa ke Polres Kampar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Tersangka Adi Firatno (24) menghabisi nyawa korbannya dengan memukulkan batu ulekan cabe ke kepala korban, motifnya adalah untuk merampas Handphone Android milik korban," ungkap Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, selanjutnya pelaku juga merampas 2 buah Handphone milik korban yang dirampasnya ini dijual seharga Rp 400 ribu dan Rp 65 ribu sebelum melarikan diri.

Dengan keberhasilan Satuan Reskrim Polres Kampar dan Polsek Siak Hulu mengungkap kasus pembunuhan dan menangkap pelaku yang sempat menjadi perhatian publik beberapa waktu lalu. Semoga kedepan jajaran Polres Kampar dapat bekerja lebih baik lagi," harapnya jelas Kapolres.

Hasil ekspos tersebut terungkap dari pengakuan pelaku bahwa ia menghabisi korban karena kesal hutangnya saat ditagih tidak mau dibayar korban. Korban meminjam uang awalnya Rp 200 ribu, namun usai liburan korban meminjam lagi karena kehabisan uang.

"Korban saya habisi dengan cara memukul batu ulekan cabe dibagian belakang kepala, saat itu korban tersungkur dan bangun lagi lalu saya pukul lagi hingga mati," ungkap pelaku saat itu.

Menurut pengakuan pelaku terhadap polisi, Usai membunuh pelaku langsung melarikan diri ke Jakarta dan berangkat ke Pacitan mau masuk pesantren dan ingin bertobat atas segala kesalahan yang dilakukannya selama ini.

"Pelaku ini kita dikenakan pasal 340 Junto 365 dengan ancaman penjara seumur hidup atau hukuman mati," pungkas Kapolres.(Rif)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment