Ditutup Tengah Malam Nanti, Baru 4 Parpol yang Sudah Dapatkan Tanda Terima dari KPU Kampar

Ditutup Tengah Malam Nanti, Baru 4 Parpol yang Sudah Dapatkan Tanda Terima dari KPU Kampar

BANGKINANG (SK) - Partai politik di Kabupaten Kampar tampaknya kewalahan memenuhi persyaratan pendaftaran partai politik calon peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar. Meski hari ini, Senin (16/10/2017) adalah hari terakhir batas waktu pendaftaran, namun baru empat parpol yang menerima tanda terima (TT).

Dari empat parpol ini hanya Partai Golkar yang merupakan kontestan Pemilu 2014 yang telah menerima tanda terima. Sementara tiga parpol lainnya adalah parpol pendatang baru yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda dan Partai Perindo.

"KTP dengan KTA sudah sesuai dengan sistem informasi partai politik (Sipol)," ujar Ketua KPU Kampar Yatarullah.

Begitu juga lampiran F2 atau formulir nama-nama anggota parpol yang diinput ke Sipol sudah cocok.

Yatarullah menyebutkan, hari ini batas terakhir pendaftaran ditutup pada pukul 24.00 WIB. Ini berbeda dengan hari sebelumnya atau sejak jadwal pendaftaran parpol dibuka 3 Oktober 2017 lalu dimana jadwal pendaftaran dibuka setiap hari kerja dan jam kerja. 

Hingga Senin (16/10/2017) pukul 11.00 WIB, sebanyak 12 parpol telah mendaftar di KPU Kampar. Keduabelas parpol itu adalah Partai Perindo, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Republik, Partai Idaman, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Garuda, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, Partai Golkar dan Partai Demokrat.

Sementara beberapa parpol peserta Pemilu 2014 seperti PKB, Hanura, PKS, PPP, PBB dan PKPI belum mendaftar.

"Setelah penerimaan berkas lanjut penelitian administrasi KTA dan KTP, setelah itu baru verifikasi faktual bagi partai baru," kata Yatarullah.

Verifikasi faktual ini untuk melihat kebenaran data Sipol, benar atau tidak orang yang masuk dalam daftar anggota (KTA) parpol mendukung partai tersebut.

Adapun jumlah minimal kartu tanda anggota (KTA) beserta kartu tanda penduduk (KTP) yang harus diserahkan oleh pengurus parpol di tingkat kabupaten minimal seperseribu dari jumlah data agregat kependudukan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Untuk Kabupaten Kampar data agregat kependudukan yang dikirimkan Kemendagri kepada KPU Kampar melalui KPU RI adalah 740.839 orang. Dengan demikian jumlah KTA dan KTP yang diserahkan minimal 740 KTA dan KTP. (Akhir Yani)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment